Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Air Putih Dan Kesehatan

Air adalah sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup di seluruh dunia. Hampir semua permukaan bumi terdiri dari air. Tumbuhan, buah-buahan, sayuran, binatang, dan mamalia semua membutuhkan air untuk hidup. Manusia pun sama, air putih harus menjadi pilihan utama untuk semua manusia tetapi masih banyak dari kita yang tidak minum air putih. Akhirnya banyak orang yang terserang penyakit akibat kurang minum air putih.

Diwaktu saya kecil, saya ingat ibu saya selalu mengatakan pesan untuk meminum air putih 8 gelas per hari. Mungkin sudah kebiasaan semua ibu-ibu untuk mengingatkan anaknya, atau mungkin ibu saya pernah nonton talk show pentingnya minum air putih. Yang pasti ibu saya masih tetap mengingatkan saya untuk minum air putih sampai detik ini. Saya tidak boleh minum apapun sebelum minum air putih sesuai kebutuhan sehari saya. Terkadang saya berbohong dan berkata jika saya sudah banyak minum air putih di sekolah, supaya saya bisa minum soda di rumah. Setiap makan di rumah saya di sajikan air putih sebagai minumannya. Saya berterima kasih karena sudah di biasakan untuk minum air putih sejak kecil, karena saya merasakan sehatnya tubuh saya saat ini. Seorang ahli juga mengatakan untuk minum air putih setelah selesai makan, ini akan membuat tubuh anda lebih terasa segar.

70% dari tubuh kita terdiri dari cairan/air. Sebagian berat badan adalah berat air. Air membantu dalam tubuh kita berfungsi secara lancar. Sel dan darah kita juga terdiri dari cairan. Jika kita jarang minum air putih, tubuh kita menyimpan cairan sementara, kita bisa mengetahui ini karena air seni kita berwarna kuning gelap. Ini cara tubuh kita mengatakan kita memerlukan masukan air yang sesuai kebutuhan per hari nya. Sebaliknya jika air seni anda berwarna kuning terang atau bening maka tubuh kita sedang mengeluarkan extra air yang tidak di butuhkan. Sebaiknya anda dalam kondisi sering buang air kecil karena terlalu banyak minum air dibanding dehidrasi.

Seorang ahli mengatakan kita perlu minum air sebanyak setengah dari berat tubuh kita. Jika di luar cuaca sedang panas, maka baiknya anda meminum air putih lebih banyak dari biasanya. Disaat anda sedang olah raga, dan mengeluarkan keringat. Anda harus minum sebelum, sedang dan sesudah olah raga. Tubuh kita akan merasa dehidrasi jika kekurangan minum air disaat olah raga. Disaat dehidrasi yang kemungkinan akan terjadi adalah, pingsan, pusing, air seni yang bau, dan banyak hal lain yang sebaiknya anda hindari.

Banyak hal yang anda bisa lakukan untuk mendapatkan air putih atau cairan kedalam tubuh. Makanan seperti buah-buahan dan sayuran juga mengandung zat cairan. Buah dan sayuran yang natural sangat disarankan di bandingkan dengan yang di dalam kaleng. Banyak minuman yang kita minum mengandung air salah satunya adalah kopi. Jangan terlalu berharap bahwa minuman seperti juice, soda atau syrup dapat mengatasi dehidrasi anda karena jenis minuman ini mengandung gula dan kalori yang tidak baik disaat dikonsumsi dengan takaran yang banyak. H2O adalah pilihan yang paling baik untuk mengatasi dehidrasi. Disaat kita mengkonsumsi alkohol baiknya anda meminum air putih setelah itu, karena alkohol menyerap cairan tubuh.

Saya mengerti masih banyak orang yang tidak senang dengan rasanya air putih. Banyak jenis air putih bersuplemen yang mengandung vitamin dan juga punya rasa yang enak untuk diminum dan lebih sehat untuk tubuh. Bermacam-macam merk air mineral sudah beredar di supermarket masa kini, yang mengandung vitamin dari berbagai ragam buah dan sayuran. Rasa beragam dari rasa kiwi, orange dan strawberi. Rasa ini bukan di tambah gula namun dari bahan natural yang juga menjadi vitamin bagi tubuh kita.

Tidak ada alasan untuk anda tidak mulai meminum air putih dari sekarang. Jika anda saat ini jarang minum air putih, maka baiknya mulai sekarang anda mimum sesuai kebutuhan tubuh. Anda akan merasa lebih segar dan bugar, dan tubuh anda akan sangat berterima kasih kepada anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar