Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERMINTAAN DAN PENAWARAN

PERMINTAAN DAN PENAWARAN

A.PERMINTAAN
PENGERTIAN PERMINTAAN

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Permintaan adalah banyaknya jumlah barang/jasa yang di minta orang pada suatu pasar tertentu, pada tingkat tertentu, pada tingkat harga tertentu, pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam suatu periode tertentu.
Contoh permintaan adalah misalnya di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.
Kebutuhan dan keinginan dari setiap orang/individu berbeda sehingga menimbulkan keragaman serta banyaknya barang/jasa yang dibutuhkan. Kebutuhan merupakan hal yang mutlak ada pada diri manusia. Dengan dekimian dapat membedakan adanya potensi permintaan dasar karena adanya kebutuhan, permintaan potensial dan permintaan ynga nyata (efektif).

permintaan di golongkan menjadi beberapa, yaitu :

a. Permintaan dilihat dari daya beli konsumen

• Permintaan absolute
adalah permintaan yang ditimbulkan oleh kebutuhan dan keinginan, tetapi tidak mempunyai daya beli.
• Permintaan potensial
adalah permintaan yang ditimbulkan oleh kebutuhan dan kemampuan membeli, tetapi belum merealisasikan pembelian.
• Permintaan nyata (efektif)
adalah permintaan yang timbul dari orang-orang yang membutuhkan barang/jasa dengan daya beli tertentu yang kemudian di realisasikan dengan pelaksanaan pembelian pada suatu pasar yang di tuju.

b. Permintaan dari segi pendapatan

• Permintaan konsumen
adalah permintaan seluruh anggota masyarakat akan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.contohnya adalah membeli makanan.
• Permintaan Pengusaha
adalah permintaan akan faktor-faktor produksi untuk membuat barang atau jasa. Contohnya suatu perusahaan roti membeli tepung untuk membuat roti.
• Permintaan Pemerintah
adalah permintaan oleh pemerintah untuk pengeluaran belanja pemerintah.
• Permintaan luar negeri adalah permintaan barang dan jasa yang datang dari luar negeri contohnya adalah barang-barang ekspor.

c. Permintaan dilihat dari jumlah peminatnya
Permintaan Individu adalah permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Permintaan individu ditentukan oleh hal-hal berikut :
- Harga
- Pendapatan
- Jika barang lain berkaitan
- Selera
- Ekspetasi
d. Permintaan pasar
Adalah permintaan yang dimiliki masyarakat dalam waktu yang sama



B. PENAWARAN (SUPPLY)
1. PENGERTIAN PENAWARAN

Penawaran diartikan : kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah produk pada berbagai tingkat harga dalam waktu yang sama.
Penawaran adalah keinginan dan kemampuan para penjual atau penyalur untuk menawarkan berbagai jumlah barang dalam suatu relevansi harga.
Penawaran adalah apa yang kita harus tawarkan. Kita semua mempunyai ketrampilan dan waktu untuk ditawarkan kepada penyedia kerja kita.

Dalam melakukan penawaran, penawaran dapat digolongkan menjadi dua,yaitu :
- Penawaran Individu
Penawaran Individu adalah penawaran yang dimiliki oleh seorang Penguasa.

- Penawaran besar/Kolektif
Penawaran yang terdapat pada pasar.

Suatu pasar akan berjalan jika terdapat barang-barang/jasa yang dibutuhkan oleh para konsumen. Para pemasok barang-barang/jasa ke suatu pasar adalah para produsen penjual. Secara umum, penawaran dapat diartikan sebagai proyeksi para produsen/penjual untuk memasuk sejumlah barang/jasa pada tingkat harga tertentu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penawaran adalah banyaknya jumlah barang/jasa yang ditawarkan oleh para produsen/penjual pada suatu periode tertentu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar